A. Pendahuluan
Nikah menurut Syara’ adalah akad serah terima antara laki-laki dan
perempuan dengan tujuan untuk saling memuaskan satu sama lainnya dan untuk
membentuk bahtera rumah tangga yang sakinah serta masyarakat yang sejahtera.
Sedangkan dalam Undang-undang No. 1 Tahun 1974 Bab. 1 Pasal 1 disebutkan bahwa:
“Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan seorang wanita
sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga(rumah tangga) yang bahagia
dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa”
Apabila akad nikah telah berlagsung dan memenuhi syarat rukunnya, maka
menimbulkan akibat hukum. Dengan demikian, akad tersebut menimbulkan juga
hak serta kewajibannya selaku suami istri dalam keluarga.
Dijelaskan dalam Pasal 31 ayat (3) UU No. 1 Tahun 1974 tentang
Perkawinan bahwa pengertian “suami” adalah Kepala Keluarga dan “istri” adalah
ibu rumah tangga. Dapat dianalogikan bahwa suami adalah seorang yang berjenis
kelamin laki-laki yang menjadi kepala keluarga dalam suatu rumah tangga.
Sedangkan istri adalah seorang yang berjenis kelamin perempuan yang menjadi ibu
rumah tangga dalam suatu rumah tangga.
Pengertian hak adalah kekuasaan seseorang untuk melakukan sesuatu,
sedangkan kewajiban adalah sesuatu yang harus dikerjakan kewajiban.
Dalam memakhai Dalam makalah ini akan membahas mengenai beberapa Hak Dan
Kewajian Suami-Istri dalam berkeluarga.
B. Rumusan Masalah
1. Hak dan Kewajiban Suami Istri Menurut UU No. 1 Tahun 1974
2. Hak dan Kewajiban Suami Istri Menurut Kompilasi Hukum Islam
3. Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Perspektif Gender
4. Hak dan Kewajiban Suami Istri
C. Pembahasan
1. Hak dan Kewajiban Suami Istri Menurut UU No. 1 Tahun 1974
Dijelaskan dalam BAB IV dalam Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang
Perkawinan mengenai Hak dan Kewajiban Suami-Istri yang terdiri dari 5 pasal yaitu:
Pasal 30
Suami-istri memikul kewajiban yang luhur untuk menegakkan rumah tangga yang
menjadi sendi dasar susunan masyarakat.
Pasal 31
(1) Hak dan kedudukan istri adalah seimbang dengan hak dan kedudukan suami
dalam kehidupan rumah tangga dan pergaulan hidup bersama dalam masyarakat.
(2) Masing-masing pihak berhak untuk melakukan perbuatan hukum.
(3) Suami adalah Kepala Keluarga dan istri ibu rumah tangga.
Pasal 32
(1) Suami-istri harus mempunyai tempat kediaman yang tetap.
(2) Rumah tempat kediaman yang dimaksudkan dalam ayat (1) pasal ini
ditentukan oleh suami-istri bersama.
Pasal 33
Suami istri wajib saling saling cinta mencintai, hormat menghormati, setia
dan memberi bantuan lahir bathin yang satu kepada yang lain.
Pasal 34
(1) Suami wajib
melindungi istrinya dan memberikan segala sesuatu keperluan hidup berumah
tangga sesuai dengan kemampuannya.
(2) Istri wajib
mengatur urusan rumah-tangga sebaik-baiknya.
(3) Jika suami atau
istri melalaikan kewajibannya masing-masing dapat mengajukan gugatan kepada
Pengadilan.
2. Hak dan Kewajiban Suami Istri Menurut Kompilasi Hukum Islam
Dalam Kompilasi Hukum Islam (KHI), kewajiban suami-istri dibagi menjadi:
a. Kewajiban suami
Pasal 80 Kompilasi Hukum Islam mengatur tentang kewajiban suami terhadap istri dan
keluarganya. Pasal ini terdiri dari 7 ayat, sebagai berikut :
(1)
Suami adalah pembimbing terhadap istri dan rumah tangganya, akan tetapi
mengenai hal-hal urusan rumah tangga yang penting-penting diputuskan oleh suami
istri bersama.
(2)
Suami wajib melindungi istrinya dan memberikan segala sesuatu keperluan
hidup berrumah tangga sesuai dengan kemampuannya.
(3)
Suami wajib memberi pendidikan agama kepada istrinya dan memberi kesempatan
belajar pengetahuan yang berguna dan bermanfaat bagi agama, nusa dan bangsa.
(4)
Sesuai dengan penghasilannya suami menanggung :
(a) Nafkah, kiswah, dan tempat kediaman bagi istri
(b) Biaya rumah tangga, biaya perawatan dan biaya pengobatan bagi istri dan
anak
(c) Biaya pendidikan anak
(5)
Kewajiban suami terhadap istrinya seperti tersebut pada ayat (4) huruf a
dan b di atas berlaku sesudah ada tamkin sempurna dari istrinya.
(6)
Istri dapat membebaskan suaminya dari kewajiban terhadap dirinya
sebagaimana tersebut pada ayat (4) huruf a dan b.
(7)
Kewajiban suami sebagaimana dimaksud ayat (5) gugur apabila istri nusyuz
(Kedurhakaan istri kepada suami dalam hal ketaatan kepada Allah.
Tentang kewajiban suami
untuk menyediakan tempat kediaman, kompilasi mengaturnya tersendiri dalam pasal
81 sebagai berikut :
(1)
Suami wajib menyediakan tempat kediaman bagi istri dan anakanaknya atau
bekas istri yang masih dalam iddah.
(2)
Tempat kediaman adalah tempat tinggal yang layak untuk istri selama dalam
ikatan perkawinan, atau dalam iddah talak atau iddah wafat.
(3)
Tempat kediaman disediakan untuk melindungi istri dan anakanaknya dari
gangguan pihak lain, sehingga mereka merasa aman dan tentram, tempat kediaman
juga berfungsi sebagai tempat menyimpan harta kekayaan, sebagai tempat menata
dan mengatur alat-alat rumah tangga.
(4)
Suami wajib melengkapi tempat kediaman sesuai dengan kemampuan serta
disesuaikan dengan keadaan lingkungan tempat tinggalnya, baik berupa alat
perlengkapan rumah tangga maupun sarana penunjang lainnya.
b. Kewajiban istri
Adapun kewajiban istri
terhadap suami yang secara garis besar terdapat dalam Kompilasi Hukum Islam
diatur secara lebih rinci dalam pasal 83 dan 84.
Pasal 83 :
(1)
Kewajiban utama bagi seorang istri adalah berbakti lahir dan batin kepada
suami di dalam batas-batas yang dibenarkan oleh hukum Islam.
(2)
Istri menyelenggarakan dan mengatur keperluan rumah tangga sehari-hari
dengan sebaik-baiknya.
Pasal 84 :
(1)
Istri dapat dianggap nusyuz jika ia tidak mau melaksanakan
kewajiban-kewajiban sebagaimana dimaksud dalam pasal 83 ayat (1) kecuali dengan
alasan yang sah.
(2)
Selama istri dalam nusyuz, kewajiban suami terhadap istrinya
tersebut pada pasal 80 ayat (4) huruf a dan b tidak berlaku kecuali hal-hal
untuk kepentingan anaknya.
(3)
Kewajiban suami tersebut pada ayat (2) diatas berlaku kembali sesudah istri
tidak nusyuz.
(4)
Ketentuan tentang ada atau tidak adanya nusyuz dari istri harus
didasarkan bukti yang sah
c. Kewajiban bersama
antar suami istri
Masalah hak dan
kewajiban suami istri dalam Kompilasi Hukum Islam diatur dalam Bab XII pasal 77
sampai pasal 84.
Pasal 77 ayat (1) berbunyi : "Suami
istri memikul kewajiban yang luhur untuk menegakkan rumah tangga yang sakinah,
mawadah dan rahmah yang menjadi sendi dasar dari susunan mayarakat".
Pasal 77 ayat (2), (3),
(4), (5) berturut-turut dikutip
dibawah ini:
Suami istri memikul kewajiban untuk mengasuh dan memelihara anak-anak
mereka, baik mengenai pertumbuhan jasmani, rohani, maupun kecerdasannya, dan
pendidikan agamanya.
Suami istri wajib memelihara keharmonisannya. Jika suami/istri melalaikan
kewajibannya, masing-masing dapat mengajukan gugatan kepada pengadilan agama.
Pasal 79 :
(1)
Suami adalah kepala rumah tangga keluarga dan istri ibu rumah tangga.
(2)
Hak dan kedudukan istri adalah seimbang dengan hak dan kedudukan suami
dalam rumah tangga dan pergaulan hidup bersama dalam masyarakat.
(3)
Masing-masing pihak berhak untuk melakukan perbuatan hukum.[5]
3. Isu Gender dalam Hak dan Kewajiban Suami Istri
a.
Penghambaan Istri pada Suami
Persoalan sujud perempuan terhadap suaminya selalu dikaitkan dengan konsep
ketaatan dan seringkali dihubungkan dengan dalil Al-Qur’an terutama QS. An-nisa
: 34, dalam hal ini pandangan Amina Wadud kata Qanata beserta derivasinya
termasuk sifat-sifat yang dipergunakan al-Qur’an untuk menyampaikan pesan-pesan
moral, dalam konteks keseluruhan al-Qur’an kata ini biasanya digunakan untuk
laki-laki maupun perempuan, untuk menyebut karakteristik atau kepribadian
orang-orang yang beriman kepada Allah, yaitu taat kepada-Nya. Bukan menunjukkan
ketaatan perempuan pada suaminya atau terhadap suaminya. Kesalahpahaman
memahami hadits ini bermula dari adanya penggesaran tujuan mukhatab atau
sasarannya, yang berdasarkan latar belakangnya ditujukan untuk mereka yang
menyembah sesama, tetapi dialihkan pada persoalan relasi suami istri yang
sangat hirarkhis.
b.
Kosep Nafkah dalam Hadits.
Berbagai versi Hadits menujukkan adanya hak dan kewajiban dalam kehidupan
rumah tangga. Suami berkewajiban memberikan nafkah kepada istrinya dengan
redaksi bermacam-macam namun pada intinya yakni pergaulan yang baik antara
suami dan istri dalam rumah tangga. Nafkah merupakan pemberian suami atas
istri, ia adalah hak istri dan merupakan kewajiban suami atas istrinya,
perkawinan merupakan salah satu sebab adanya nafkah dalam kehidupan rumah
tangga. Kewajiban tersebut tetap melekat pada suami, apabila istri bekerja maka
hasil yang didapatkan merupakan hak istri, kecuali jika ada kesepakatan antara
mereka berdua.
Dalam konteks sekarang, masalah nafkah banyak dipersoalkan dalam kehidupan rumah
tangga manakala nafkah dijadikan tameng adanya kekerasan dalam rumah tangga.
Seharusnya ada komunikasi diantara mereka berdua, nafkah pada dasarnya memang
tanggung jawab suami, namun jika keadaan berkata lain maka tentu kewajiban
tersebut tidak dapat dipaksakan dengan sendirinya.
c.
Otonomi Perempuan Dalam Beribadah
Islam secara ideal membuka kesempatan dan peran yang sama laki-laki dan
perempuan untuk berprestasi dalam berbagai bidang lapangan kehidupan. Salah
satu pemahaman hadits nabi dari pandangan patriarkhi adalah seorang perempuan
muslimah tidak diperkenankan puasa sunah tanpa izin suaminya.
Pemahaman seperti ini bertentangan dengan prinip otonomi yang dimiliki seorang
perempuan dapat melakukan ibadah apapun tanpa izin dari orang lain, bahkan dari
suaminya. Berdasarkan pemahaman ini mayoritas ulama klasik berpendapat bahwa
ketika suami ada dirumah haram hukumnya seorang istri berpuasa sunah. Nilai
puasa yang semula berpahala menjadi berdosa ini karena jika istri berpuasa
sunah dipandang telah membiarkan suaminya tanpa diberi hak “pelayanan”.
Berkenaan dengan hal ini apakah seorang istri ketika ingin melakukan kebaikan
masih memerlukan izin suaminya. Bukankah dengan hak otonominya seorrang istri
dapat melakukan kebaikan apapun sepanjang tidak merugikan orang lain.
d.
Istri Dilarang Bermuka Masam di depan suami
Hadits tentang bermuka masam ini sesungguhnya hanya dijawab terhadap suatu
kasus tertentu. Yang boleh jadi istrinya cemberut terus-menerus didepan
suaminya, dan kemudian suaminya mengadu kepada Rasulullah. Sesungguhnya istri
dianjurkan untuk senantiasa menyenangkan suami, dan pada prinsipnya sama dengan
anjuran agar suami juga senantiasa menyenangakan istri (al-nisa :19). Artinya
saling menyenangkan. Tapi faktanya hadits untuk menyenagkan suami lebih
mendapat penekanan dan perhatian, bahkan berkesan memaksakan.
e.
Istri Dilarang Meminta Cerai Kepada Suami
Larangan istri meminta cerai hanya berlaku jika permintaan cerai itu
dilakukan tanpa ada alasan yang dibenarkan syar’I. Menurut Sayyid-as Sabiq, ada
dua alasan istri boleh menuntut cerai kapada suaminya, yaitu ‘uyub
al-khalqiyyah (cacat tubuh) dan su’u al-khuluqiyyah (cacat moral).
Adapun cerai khulu (cerai tebus) bentuk penghargaan Islam terhadap kaum
perempuan, Karena pada zaman zahiliyah perempuan tidak punya hak menuntut
mecerai kepada suaminya, kecuali wanita tertentu saja.
f.
Intervensi Malaikat Dalam Hubungan Seksual
Hadits yang menyatakan istri akan dilaknat malaikat jika ia menolak atau
menghindar bila diajak berhubungan seksual dengan suaminya atau meninggalkan
tempat tidur suaminya, mempunyai sanad yang sahih. Tapi secara harfiah matan
hadits dipahami secara secara tekstual bertentangan dengan semangat Al-Qur’an.
Hadits tentang intervensi dalam hubungan seksual ada kaitannya dengan kondisi
sosio-historis dan cultural yaitu budaya pantang ghilah yang ada dikalangan
bangsa arab sebelum itu. Ghilah adalah bersetubuh dengan istri yang sedang
hamil atau menyesui, karena dikhawatirkan akan menimbulkan hal buruk terhadap
anak yang akan di lahirkan.
4. Hak dan Kewajiban Suami-Istri
a) Hak Bersama Suami-Istri
Hak dan tanggung jawab suami istri antara lain, yaitu:
·
Suami dan istri dihalalkan mengadakan hubungan seksual
·
Haram melakukan pernikahan, artinya baik suami maupun istri tidak
bolehmelakukan pernikahan dengan saudaranya masing-masing
·
Saling mewarisi apabila salah seorang diantara keduanya telah meninggal,
meskipun belum bersetubuh
·
Anak mempunyai nasab yang jelas
·
Kedua belah pihak wajib bertingkah laku dengan baik sehingga dapat
melahirkan kemesraan dalam kedamaian hidup.
Dalam kehidupan berumah tangga, seorang suami istri harus saling hormat
menghormati, kasih-memengasihi, bantu-membantu, take and give(memberi
dan menerima), saling pengertian, dan tidak boleh egoistis atau mau
menang sendiri.
b) Kewajiban Suami-Istri
Dalam Kompilasi Hukum Islam disebutkan bahwa kewajiban suami istri
secara rinci adalah sebagai berikutt:
·
Suami istri memikul kewajiban yang luhur untuk menegakkan keluarga yang sakinah,
mawadah, dan rahmah yang menjadi sendi dasar dari sususnan
masyarakat
·
Suami istri wajib saling mencintai, menghormati, setia, dan wajib memberi
bantuan lahir batin
·
Suami istri memikul kewajibanuntuk mengasuh dan memelihara anak-anak
mereka, baik mengenai pertumbuhan jasmani, rohani, maupun kecerdasannya, serta
pendidikan agamanya
·
Suami istri wajib memelihara kehormatannya
·
Jika suami atau istri melalaikan kewajibannya, masing-masing dapat
mengajukan gugatan ke Pengadilan Agama.
c) Hak dan Kewajiban Suami Terhadap Istri
a) Hak Suami Atas Istri
Dibawah ini beberapa hak suami atas istrinya yang paling pokok,
yaitu:
·
Ditaati dalam hal-hal yang bukan maksiat
·
Istri menjaga dirinya sendiri dan harta suami
·
Menjauhkan diri dari mencampuri sesuatu yang dapat menyusahkan suami
·
Tidak bermuka masam dihadapan suami
Hak suami terhadap istrinya begitu besar. Dalam suatu hadis yang
diriwayatkan oleh Hakim yang artinya, “Dari Aisyah, ia berkata, “Saya
bertanya kepada Rasulullah SAW. Siapakah orang yang paling besar haknya
terhadap perempuan? Jawabnya: “Suaminya”. Lalu saya bertanya, “siapakah haknya
yang paling besar terhadap laki-laki?”. Jawabnya: “Ibunya”.
Kewajiban taat kepada hanya diperbolehkan dalam hal-hal yang dibenarkan
oleh agama, bukan dalam hal kemaksiatan kepada Allah SWT. Apabila suami
memerintahkan istri untuk berbuat maksiat, maka ia harus menolaknya. Diantara
ketaatan suami terhadap istri adalah tidak keluar rumah kecuali dengan izin
suaminya.
Jadi, apapun yang dilakukan istri selian melaksanakan kewajiban kepada
Allah SWT. adalah atas seizin suaminya. Diriwayatkan dalam suatu hadits yang
artinya, “Dari Abdullah bin Umar ra. Ssungguhnya Rasulullah SAW. bersabda, “Hak
suami terhadap istrinya adalah tidak menghalangi permintaan suaminya kepadanya
sekalipun sedang diatas punggung unta, tidak berpuasa (sunah) walaupun sehari
saja, kecuali dengan izinnya dan puasa wajib. Ia tidak boleh memberikan sesuatu
dari rumahnya, kecuali dengan izin suaminya. Jika ia memberinya maka pahalanya
bagi suaminya dan dosanya untuk dirinya sendiri. Ia tidak keluar dari rumahnya
kecuali dengan izin suaminya. Jika ia berbuat demikian, maka Allah akan
melaknatnya dan para malaikat memarahinya sampai tobat dan pulang kembali
sekalipun suaminya itu zalim.”(HR. Dawud)
Dalam Al-Qur’an QS. An-Nisa’: 34 dijelaskan mengenai salah satu ciri istri
yang salihah, yaitu yang mampu menjaga dirinya, baik ketika berada didepan
maupun dibelakang suaminya. “Sebab itu maka wanita yang salih, ialah
yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suminya tidak ada, oleh
karena Allah telah memelihara. ” kewajiban tertinggi bagi seorang istri
terhadap suami, dijelaskan dalam ayat diatas yaitu menjaga dirinya ketika
suaminya tidak ada dan tidak berbuat khianat kepadanya, baik mengenai diri
maupun harta bendanya.
b) Kewajiban Suami
Terhadap Istri
Kewajiban suami terhadap istri mencakup kewajiiban materi berupa kebendaan
dan kewajiban nonmateri yang bukan berupa kebendaan.
·
Kewajiban materi berupa kebendaan
Sesuai dengan penghasilannya, suami mempunyai kewajiban terhadap istri:
-
Memberi nafkah, pakaian, dan tempat tinggal
-
Biaya rumah tangga, biaya perawatan, dan biaya pengobatan bagi istri dan
anak
-
Biaya pendidikan bagi anak
Dua kewajiban pertama diatas berlaku sesudah ada tamkin (yaitu
istri mematuhi suami khususnya ketika suami ingin menggaulinya). Disamping itu,
nafkah bisa gugur apabila istri nusyuz.
d) Kewajiban Istri
Terhadap Suami
Diantaranya adalah sebagai berikut:
a)
Taat dan patuh kepada suami
b)
Pandai mengambil hati suami melalui makanan dan minuman
c)
Mengatur rumah tangga dengan baik
d)
Menghormati keluarga suami
e)
Bersikap sopan, penuh senyum kepada suami
f)
Tidak mempersulit suami, dan selalau mendorong suami untuk maju
g)
Rida dan syukur terhadap apa yang diberikan suami
h)
Selalu berhemat dan suka menabung
i)
Selalu berhias, bersolek untuk atau dihadapan suami
j)
Jangan selalu cemburu buta
D. Kesimpulan
Kehidupan berkeluarga yang sakinah, mawadah, warahmah seringkali
didambakan setiap pasangan muslim. Kebahagiaan, ketenangan, dan ketenteraman
hidup berumah tangga akan terwujud apabila antara suami dan istri sama-sama
menjalankan tanggungjawabnya masing-masing.
Dari keempat macam Hak dan Kewajiban suami Istri diatas, tidak ada
penyimpangan gender didalamnya apabila semua hak dan kewajiban tersebut
dilaksanakan dengan baik dan penuh kesadaran oleh pasangan suami-istri.
Ketimpangan gender bisa terjadi apabila tidak adanya kerjasama yang baik antara
suami istri.
Hak dan kewajiban suami istri tidak boleh berat sebelah, atau terjadi
ketimpangan gender. Mematuhi dan menaati suami tidaklah bearti suami berhak
semena-mena dengan istri. Begitu juga dengan seorang istri, dengan adanya hak
istri tidak boleh menjadikan istri menjajah suami.
Daftar Pustaka
Http://idb4.wikispaces.com/file/view/ws4008.pdf
Http://saidahalgazali.blogspot.com/2011/01/isu-gender-pada-hak-dan-kewajiban-suami.html
Tihami & Sohari
Sahrani, Fikih Munakahat(Kajian Fikih Nikah Lengkap), Jakarta: Rajawali
Pers, 2009.
Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974
-
Tihami & Sohari Sahrani, Fikih Munakahat(Kajian
Fikih Nikah Lengkap), (Jakarta: Rajawali Pers, 2009), Cet: I, Hal. 8
-
Ibid. Hal. 153
-
Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974
-
http://saidahalgazali.blogspot.com/2011/01/isu-gender-pada-hak-dan-kewajiban-suami.html
-
http://idb4.wikispaces.com/file/view/ws4008.pdf
-
http://saidahalgazali.blogspot.com/2011/01/isu-gender-pada-hak-dan-kewajiban-suami.html
-
Tihami & Sohari Sahrani. Loc.Cit. Hal.
154-157
-
Tihami & Sohari Sahrani. Loc.Cit.. Hal.
157
-
Tihami & Sohari Sahrani. Loc.Cit.. Hal.
158
Tidak ada komentar:
Posting Komentar